Cerita Joanna Alexandra tentang Anak Bungsunya yang Istimewa

Agestia Jatilarasati | 11 Maret 2018 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Joanna Alexandra (30) kini jarang terlihat di layar kaca. Ia tengah  sibuk mengurus keempat anaknya, terutama putri bungsunya, Ziona Eden Alexandra Panggabean (8 bulan), yang istimewa.

Dengan rasa haru, Joanna bercerita seputar perkembangan putri kecilnya yang terlahir prematur.

Joanna melahirkan Ziona pada 24 Mei 2017, ketika usia kandungannya memasuki 36 minggu 3 hari—masih masuk hitungan kelahiran prematur. Ada yang janggal ketika Zio, begitu Ziona dipanggil, lahir.

“Waktu lahir Zio tidak menangis. Dia harus masuk NICU untuk menyempurnakan fungsi pernapasannya yang masih belum 100 persen. Akhirnya dia dirawat di NICU selama dua minggu,” terang dia kepada Bintang saat ditemui di acara “#Orami5Tahun” di Jakarta.

Di akun Instagramnya, Joanna menjelaskan bahwa kaki kiri Zio mengalami CTEV (congenital talipes equinovarus), yakni kondisi telapak kaki menghadap bagian dalam.

Kondisi ini mengharuskannya memakai gips selama 2 bulan dan setelahnya mengenakan sepatu khusus hingga usia 4 tahun.

“Sekitar September 2017, Zio juga terkena bronkiolitis (infeksi saluran pernapasan pada anak-anak—red.) yang berdampak pada penyempitan saluran pernapasan. Dia sempat dirawat dan dari situ saya baru tahu Zio juga punya kelainan laryngomalacia yaitu kelainan di daerah laring, yang menyebabkan gangguan menelan. Mungkin dia terkena bronkiolitis karena makanan (ASI) yang ia asup justru masuk ke paru-paru, sehingga menyebabkan infeksi,” Joanna menerangkan.

Zio kemudian memakai selang nasogastric (NGT) yang tersambung langsung ke lambung untuk membantunya menelan makanan.

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait